|
LAPORAN PRAKTIK
TEKNIK KENDARAAN RINGAN
POWER TRAIN
SMK NEGERI 1 SATUI
|
TOPIK : MEMBONGKAR DAN MEMASANG KEMBALI TRANSMISI
|
HARI/TGL
: RABU,--10-2013
KELAS
: X TKR3
WAKTU
: 45x3 menit
NAMA
: HERIYADI
|
||
|
I.
TUJUAN PRAKTIK
Adapun bebera tujuan praktik yang di harapkan antara lain sebagai
berikut :
1.
Semua siswa dapat mengetahui fungsi transmisi,komponen utama,dan
cara kerja transmisi.
2.
Semua siswa dapat mengetaui cara pembongkaran transmisi.
3.
Semua siswa dapat mengetahui cara pemasangan kembali transmisi.
II. ALAT
DAN BAHAN
ALAT:
BAHAN:
a.Obeng min
a.Transmisi
b.Kunci
c.Tang
III.
KESELAMATAN KERJA
Keselamatan kerja adalah hal utama, karena sangat penting dan sangat
di butuhkan dalam melakukan suatu pekerjaan. Hal-hal yang menyangkut
keselamatan kerja yaitu:
1.
Berdoa sebelum dan seesudah praktik.
2.
Saat praktik tidak boleh bermain-main.
3.
Gunakan alat kerja sesuai fungsinya.
4.
Jangan menaruh kunci di saku pakaian karena dapat membahayakan kita.
5.
Melakukan praktik dengan hati-hati dan teliti.
VI.
LANDASAN TEORI
A.
Pengertian
Transmisi
Transmimi adalah sebuah pengatur
tenaga,putaran dan torsi sesui yang di butuhkan beban kendaraan.
B. Fungsi
Transmisi
1. Menyediakan torsi
yang di butuhkan untuk menggerakkan kendaraan dengan berbagai kondisi jalan
dan beban yaitu dengan cara merubah rasio gigi antara poros engkol dan roda
penggerak.
2. Memindahkan
posisi gigi ke R (Reverse), sehingga mengakibatkan kendaan dapat bergerak
mundur.
3. Memindahkan gigi
ke posisi N (Netral), sehingga penstateran mesin dapat menghidupkan mesin
tanpa memutar roda-roda penggerak.
C.
Perbandingan Roda Gigi
Kecepatan reletive dari dua
buah roda gigi yang di gandengkan, di tentukan oleh jumlah gigi dari setiap
roda gigi hal ini di namakan perbandingan roda gigi (RG). Jika dua buah roda
gigi di gandengkan memiliki jumlah gigi yang sama keduanya akan berputar
dengan kecepatan yang sama. Apabila roda gigi yang di gerakkan memiliki
jumlah gigi yang berbeda maka putaran biasa di perlambat atau di percepat.
D.
Komponen Utama Transmisi
1.
Input shaft berfungsi untuk
meneruskan tenaga mekanis dari disc plate menuju unit transmisi
2.
Output shaft berfungsi untuk
meneruskan tenaga mekanis dari perbandingan putaran ke propeller shaft yang
di hasilkan dari kambinasi counter gear dan roda gigi pada unit transmisi
3.
Gigi-gigi percepatan terdapat pada output shaft
yang yang dapat berputar bebas terhadap putaran output shaft. Fungsi dari
roda gigi ini adalah untuk menentukan gear ratio yang terjadi pada transmisi
dan akan merubah kecepatan atau moment yang keluar dari transmisi.
4.
Counter gear dan shaft berfungsi untuk memindahkan
tenaga mekanis dari input shaft ke gigi percepatan.
5.
Reverse gear dan shaft berfungsi untuk merubahh arah
rotasi tenaga mekanis output shaft sehingga berlawanan dengan putaran input
shaft agar kendaraan berjalan mundur.
6.
Mekanisme
synchromesh
berfungsi untuk menghubungkan dan memindahkan moment dari input shaft ke
outout shaft melalui counter gear gigi percepatan mengadakan penyesuain
putaran oleh synchromesh ring dengan cara mengadakan pengereman pada gear
percepatan dan brake angle sehingga memudahan perkaitan antara synchromesh gear dengan dog teeth
oleh clutch hub sleeve pada unit synchromesh.
E.
Mekanisme Pemindah Gigi
Sinkroniszering--->Shifting key--->Key
spring--->Clutch hub--->Hub sleeve
1.
Cluth hub berkaitan dengan
output shaft pada alur-alurnya.
2.
Cluth hub sleeve berkaitan dengan
bagian luar. Dilengkapi dengan alur bagian luar untuk garpu pengatur.
3.
Synchronizer
ring, berada
di samping bagian gigi yang terus pada output
shaft. Ring ini terbuat dari tembaga perpaduan.
4.
Baji synromesh(synchromesh
shifting key), di pasangkan di tiga tempat bagian luar diameter clutch hub dan di tekan oleh
pegas-pegas pada hub sleeve.
F. Cara
Kerja Transmisi
1.
Gigi pertama, untuk pemindan yang petama pedal kopling di tekan
untuk memutuskan hubungan kopling dengan mesin tuas di gerakkan pada posisi
pertama. Hal ini mengakibatkan penghubung pada transmisi berada pada
penyerempak balik pertama dan menggerakkan selongsong ke kanan. Selongsong
akan terkunci pada roda gigi kecepatan pertama. Setelah penyerempak dan
selongsong terkait untuk mengunci poros output, roda gigi kecepatan pertama
akan menggerakkan poros output perbandingan kecepatan roda gigi kecepatan pertama
ini adalah 4:1.
2.
Gigi Kedua, untuk posisi kedua selongsong penyerempak bergerak dari
kiri ke kanan. Selongsong melalui pusat atau posisi netral, melepaskan roda
gigi kecepatan pertama dan mengunci roda gigi kecepatan kedua menuju poros
output. Roda gigi kecepatan kedua di gerakkan oleh counter gear selanjutnya
menggerakkan poros output melalui selongsong penyerempak pada posisi ini
mereduksi putaran lebih besar dari gigi pertama. Perbandingan putaran lebih
besar dari gigi pertama.
3.
Gigi Ketiga, selongsong penyerempak bergerak ke posisi netral.
Selongsong bergerak ke kanan sehingga menggandeng roda gigi kecepatan ketiga.
Roda gigi konten ketiga menggerakkan roda gigi kecepatan ketiga.
4.
Roda Gigi Keempat, selongsong penyerempak bergerak ke kiri untuk
menggandeng roda gigi penggerak
utama.
5.
Gigi mundur (Reverse), pada posisi ini semua selongsong posisi
netral roda gigi idle mundur
meluncur untuk menggandeng roda gigi mundur. Pada roda gigi konten dan
roda gigi selongsong . Ini akan
memutar roda gigi mundur dan selanjutnya menggerakkan poros output.
V. LANGKAH KERJA
A.
Siapkan alat dan
bahan
Alat:
1.
Tang snap ring di gunakan untuk melepas dan memasang snap ring.
2.
Obeng min di gunakan untuk melepas dan memasang pengunci ball
bearing dan snap ring.
Bahan:
1 buah Transmisi
B.
Langka
pembongkaran
c. Langka
pemasangan
VI. KESIMPULAN
Setelah saya
melaksanakan praktik pembongkarang dan pemasangan kembali Transmisi ini saya
dapat mengetahui fungsi transmisi,komponen utama, dan cara kerja transmisi
selain itu saya juga megetahui cara pembongkaran transmisi dan cara
pemasangan kembali transmisi.
Mungkin ini saja
yang dapat saya sampaikan dalam praktik pembongkaran dan pemasangan kemali
transmisi ini. Untuk perhatianya saya ucapkan terima kasih.
Satui,..oktober 2013
Pembimbing
Praktikum
SUWENDRI,ST.MM
HERIYADI
|
||||
|
|
||||
Sabtu, 22 November 2014
laporan transmisi
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar